Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trip Pertama Di Pulau Labengki

Jumat malam Saya dan teman teman club selam menyusun rencana untuk weekend diawal bulan mei ini. Kami berencana mencari spot baru untuk penyelaman, Kami mendapat informasi dari salah satu anggota club yang sebelumnya sudah pernah kesana. Bahwa ada pulau yang masih alami dan belum di eksplore, namanya Pulau lebengki.

Pulau ini terletak di Desa labengki, kecamatan lasolo kepulauan, kabupaten konawe utara. Setelah selesai menentukan tempat, Kami langsung packing alat dan belanja logistik malam itu juga. Semua beres Kami pulang masing kerumah untuk beristirahat.

Hari Pertama Sabtu 4/5/2013
Pukul 08.00, Kami berkumpul di kantor samudra dive club, sambil menunggu yang lain tiba, Kami  menyempatkan untuk sarapan pagi dan cek ulang perlengkapan selam. Tepat pukul 09.00 Kami berangkat ke desa toli toli kecamatan soropia, dimana titk start ke pulau labengki.

Kami berjumlah 14 orang, ditambah 14 set perlengkapan selam dan barang lainnya. Pukul 09.40 tiba di desa toli toli dan langsung mengangkat barang ke kapal. Pukul 10.00 Kami berangkat menggunakan kapal kayu menuju pulau labengki, lama perjalanan kurang lebih 3 jam. Dalam perjalanan kami ditemani kumpulan ikan lumba lumba yang mengikuti kapal.

Pukul 13.00 Kami singgah disalah satu pulau kecil untuk melakukan snorkling, kedalamannya hanya 4 meter dan hamparan terumbu karang tampak jelas dari atas kapal.

Selain nahkoda kapal, semua yang tergabung dalam tim langsung turun untuk menikmati keindahan pulau tukokulei.

Setelah satu jam lebih melakukan snorkling, Kami pun kembali ke kapal dan melanjutkan perjalanan. sekitar 10 menit tibalah Kami ditempat tujuan.

Pondok tempat kami akan menginap adalah rumah panggung berukuran 10 x 10 meter. Karena air masih pasang, kami melanjutkan snorkeling disekitar pondok.

Pukul 17.00 beberapa teman mulai masak dan bakar ikan untuk makan malam nanti, setelah magrib Kami pun makan bersama. Setelah makan dan istirahat, agenda malam minggu pun dimulai, buat perapian dipantai, menikmati kopi sambil menyusun agenda esok harinya.

Hari Kedua Minggu 5/5/2013
Pukul 06.00, satu per satu anggota pun bangun, melakukan aktifitas bersih-bersih lalu sarapan sambil menikmati udara pagi dari atas rumah panggung.

Tampak jelas cahaya matahari dari arah timur menyinari halaman pondok kami. Tak menunggu lama Kami pun langsung siapkan alat untuk melakukan snorkeling dan diving disekitar pondok.

Pukul 08.00 Kami diarahkan untuk pindah ke lokasi lain karena Cahaya matahari mulai meninggi. Tempatnya tak jauh dari rumah pondok Kurang lebih 400 meter, dan Kami pun sangat menikmatinya.

Terumbu karang yang sangat terjaga membuat ikan ikan betah untuk tinggal dikawasan ini, selain itu tempat ini juga jauh dari pemukiman desa, sehingga potensi alam bawah laut masih terjaga.

Beberapa ikan yang Kami jumpai saat melakukan snorkling, diantaranya ikan Lionfish, barakuda, hiu palu, nemo, napoleon dan banyak lagi. Inilah yang membuat Kami ingin tinggal berlama lama dipulau ini.

Pukul 10.00 Kami pindah di spot lainnya yaitu pulau mauang untuk melakukan Diving, jaraknya juga tidak begitu jauh, kurang lebih 500 meter dari lokasi snorkeling.

Kami turun sampai kedalaman 15 meter dan mengeksplor kawasan tersebut serta mendata spot spot baru dan habitatnya. Sejam lamanya Kami berada dibawah, kemudian naik dikedalaman 5 meter untuk melakukan latihan kecil, clean masker, open masker, lepas legulator. Setelah pendataan selesai saya kembali untuk ceklist peralatan dan kami kembali ke pondok.

Pukul 13.30, Kami makan siang bersama setelah itu, kambali packing barang dan siap untuk pulang. Tepat pukul 14.00, Kami meninggalkan pondok menuju desa toli toli, karena pada siang hari sangat berombak sehingga perjalanan semakin lama.

Pukul 17.00, Kami tiba di desa toli toli dengan selamat. semua peralatan selam kami angkut ke mobil dan pulang menuju kendari. Tiba dikantor pukul, 18.00 pm, menurunkan alat dan membersihkannya. Setelah selesai, semua anggota pun balik kerumah masing-masing.

Trip pertama ke pulau labengki sangat menyenagkan, tempatnya masih sangat alami, tidak menutup kemungkinan, wisata ke pulau labengki akan banyak peminatya. Ayo ke labengki.